Rolling Stone edisi khusus!!!! Buruan…!!!!

HHHHaaaiiiikkkk……….

Gak trasa taon 2007 dah mau abis nih, dah di penghujung jalan…. Belantika musik Indonesia selama 1 taon ini diisi oleh berbagai Band2 baru dengan masing2 genre musik yang dianut. Tapi sayangnya, kualitas musik tanah air, apakah itu Band-nya dan apakah itu kita sebagai penikmat, mengalami penurunan. Banyak Band2 baru yang punya skill dan lirik lagu yang serba pas-pasan bisa nembus pasar dan masuk ke major label. Ditambah lagi lagu2nya gak jauh2 dari kisah cinta, diputusin, ketauan selingkuh, atau kisah manusia yang jadi player….

Hahhhh,jenuh nih 1 taon ngadepin musik yang hampir sama, yang isinya itu2 aja, gak berbobot…. Dan yang lebih disayangkan itu tentang redupnya musik aliran metal core!!!! Padahal, kalo seandainya musik ini bisa diterima di pasar, musik ini bisa sedikit menambah warna/i musik dan membangkitkan semangat….

Untunglah Rolling Stone Indonesia mengeluarkan edisi khusus yang di dalamnya memuat 150 album Indonesia Terbaik. Polling yang dibikin juga cukup objektif. Album dan musisi yang masuk ke dalamnya harus melalui beberapa tahap yang cukup ketat (seketat sempak baru….hehehehe). Mungkin kalian akan sedikit heran dengan masuknya band2 atau singers yang gak gitu terkenal. Pasti RS punya banyak pertimbangan.
Rambu-rambu dalam pemilihan album-album terbaik ini justeru lebih mengacu pada pengaruh album, yaitu memberikan inspirasi terhadap pemusik di zamannya maupun setelahnya, memberikan pengaruh terhadap industri musik pop pada zamannya maupun sesudahnya serta album yang dipilih memiliki kualitas musikal di atas rata-rata. Dan juga album tersebut harus beredar di Indonesia.

Langkah awal, rolling stone sengaja mengundang sejumlah sosok dari berbagai bidang seperti pemusik, penyanyi, label rekaman, pengamat musik, dan kolektor musik untuk membuat list album-album terbaik versi mereka masing-masing. Bisa jadi yang namanya subyektivitas akan bergulir kencang di sini. Tapi toh dari list-list ini sebetulnya pelan-pelan mulai bisa terkuak pemetaan kondisi industri musik negeri ini sejak awal kemunculan piringan rekaman long play di penghujung tahun ‘50-an, lalu masuk ke era kaset di tahun ‘70-an serta era CD di tahun ‘90-an hingga kini.

List album-album ini lalu digodok secara keroyokan oleh tim Rolling Stone Indonesia bersama 4 kontributor : David Tarigan, Denny MR, Denny Sakrie, dan Theodore KS yang bahu membahu. Saling melengkapi. Saling merevisi. Debat dan brainstorming yang alot berlangsung 4 hari berturut-turut di kantor rolling- stone Indonesia di jalan Ampera Raya 16 terutama untuk menentukan peringkat.

Ini adalah hal yang lumayan sensitif terutama menimbang beberapa album musik dari era yang berbeda dengan genre musik yang juga tak seragam. Karena hasil list album-album terbaik ini setidaknya memang harus mencerminkan grafik historik perjalanan musik Indonesia dan juga penilaian musik berdasarkan visi dan filosofi rolling stone itu sendiri. Karena di mana pun, yang namanya polling dan sejenisnya sudah pasti akan menimbulkan pro dan kontra. Tapi jangan lupa, segala bentuk polling memang merupakan otoritas sekaligus tanggung jawab yang melakukannya. Dan, hasilnya juga tidak akan jauh dari fakta dan unsur bermuatan obyektivitas. Maunya memang harus begitu.

Dari hasil polling 150 Album Indonesia Terbaik pada akhirnya akan memetakan perjalanan musik Indonesia dengan pelbagai pergeseran trend musik yang berubah sesuai dengan kekinian. Dalam merengkuh 5 dasawarsa perjalanan musik Indonesia, ternyata musik Indonesia sarat de-ngan warna dan terobosan. Pengaruh mempengaruhi pun, merupakan sesuatu yang tak terhindari lagi.

Namun Rolling Stone juga menemukan fakta yang tak kalah menarik. Terkadang kami susah untuk mencari data dari album atau penyanyi dan pencipta album tersebut. Kita ternyata banyak melupakan sejarah musik Indonesia. Kita melupakan nama-nama yang telah ikut membentuk jati diri musik Indonesia. Untung masih ada segelentir sosok yang mengumpulkan artefak musik-musik langka negeri ini. Terimakasih untuk para kolektor dan pengamat dan penikmat musik yang mendokumentasikan musik bangsa ini dengan semangat dan biaya dari mereka sendiri.

Nah untuk lebih jelasnya, buruan deh kalian ke toko buku atau ke penjual majalah yang ada Rolling Stone nya. Trusss…di beli deh… dijamin gak nyesel deh. Pokoknya mantab….(promosi nih…).

Maju terus dunia musik Indonesia!!!!!!

CUKUP!!!!

~ oleh lemankyoga pada Desember 5, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: